Tips Jitu Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital yang bekerja terus menerus. Jantung memainkan peran penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk membantu kelangsungan hidup. Karena itu, sangat tepat untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusak jantung.
Tips Jitu Memelihara Kesehatan Jantung

Pemeliharaan kesehatan jantung dapat dilakukan dalam beberapa langkah sederhana, misalnya. Misalnya melalui gaya hidup sehat dan diet sehat. Anda mungkin juga sudah sering mendengar bahwa dokter berolahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal dan tidak merokok. Ini karena beberapa langkah ini adalah metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan kesehatan jantung?


Berikut adalah beberapa pilihan gaya hidup untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Berhenti merokok
Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner. Tidak hanya perokok itu sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar mereka yang menghirup asap rokok (perokok pasif) lebih rentan terhadap penyakit ini.
Ini karena zat beracun dalam rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, sehingga aliran darah ke jantung terganggu dari waktu ke waktu. Akibatnya, fungsi jantung terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

2. Lakukan aktivitas fisik secara teratur (olahraga)
Olahraga yang aktif secara fisik atau teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Luangkan waktu untuk berolahraga selama sekitar 20 hingga 30 menit setiap hari karena manfaatnya bagi jantung Anda sangat baik.

3. Makan ikan
Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.
Anda dapat memilih antara ikan, sarden, tuna atau salmon. Makanlah ikan jenis ini secara teratur dua kali seminggu untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan omega-3.

4. Makan lebih banyak serat
Diet tinggi serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Serat bisa dibuat dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian. Isi serat Anda setidaknya 30 gram sehari.
Perlu dicatat bahwa konsumsi makanan berserat harus bertahap. Kami menyarankan Anda tidak makan banyak sayuran sekaligus, karena ini bisa menyebabkan kembung. Saat Anda mengonsumsi serat, minumlah lebih banyak air untuk membantu pencernaan.


5. Pengurangan konsumsi lemak jenuh
Mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kolesterol darah. Kolesterol yang terakumulasi dapat menyumbat arteri jantung.
Karena itu batasi konsumsi lemak jenuh. Jenis lemak ini ditemukan terutama dalam daging merah, kulit ayam, makanan olahan, makanan yang digoreng, margarin dan produk susu tinggi lemak.

6. Pertahankan tekanan darah
Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan robeknya pembuluh darah. Jika ini terjadi pada pembuluh darah organ penting seperti jantung dan otak, itu bisa mematikan.
Latihan rutin, mengurangi asupan garam dan membatasi minuman beralkohol adalah beberapa cara Anda dapat mencegah tekanan darah tinggi.

7. Jaga kadar gula darah tetap tegak
Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya dapat menyebabkan diabetes, tetapi juga risiko penyakit jantung. Ini karena gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung dan pembuluh darah.
Beberapa upaya untuk mengurangi risiko diabetes termasuk mengganti nasi putih dengan beras merah dan mengurangi asupan gula. Juga, secara teratur periksa kadar gula darah Anda, terutama jika Anda berusia lebih dari 45 tahun.

8. Istirahat yang cukup
Cobalah tidur 7-8 jam setiap hari. Kurang istirahat dapat meningkatkan risiko hipertensi, diabetes dan serangan jantung.


Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dengan gaya hidup sehat. Selain langkah-langkah di atas, disarankan untuk mengatasi stres dan secara teratur memberi tahu dokter Anda agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga.